Kerja sama MSI UNIKOM dengan P2 Telimek LIPI

Berfoto bersama Prof. Dr. Eng. Estiko Rijadi, M.Eng (Keempat dari Kanan)

 
Pada hari Senin, 8 Desember 2019, telah diselenggarakan pertemuan di gedung 20, Pusat Penelitian Telimek LIPI. Prof. Dr. Eng. Estikom Rijadi dari P2 Telimek LIPI menyampaikan rencana kerjasama antara P2 Telimek LIPI dengan Program Studi Magister Sistem Informasi dalam bentuk kerja praktek,skripsi dan tesis di bidang Farm Mangement Information System (FMIS) dan Data Logger pada mesis pemanen tebu mempergunakan CAN Bus. Para rencana kerjasama ini dari pihak UNIKM hadir Dr. Yeffry Handoko Putra, M.T sebagai kaprodi Magister Sistem Informasi dan Dr. Yusrila Yeka Kerlooza, M.T sebagai Direktur Inovasi dan Kompetisi UNIKOM. Dr. Yeffry Handoko Putra menjelaskan bahwa kerjasama antara UNIKOM dan LIPI memiliki skema kemitraan yang baik untuk pengembangan masing-masing Institusi, serta terdapat skema penelitian DIKTI yang memerlukan kemitraan seperti LIPI. Sedangkan Dr. Yusrila Yeka Kerlooza menjelaskan beberapa penelitian yang telah dilakukan dengan beberapa mitra perusahaan yang berupa pengembangan teknologi sensor di peternakan ayam.

Kerjasama antara kedua institusi ini nantinya berupa pemanfaatan sistem informasi pada mesin traktor pemanen tebu, sistem informasi pertanian memanfaatkan GIS, penggunaan Drone untuk pemetaan dan penentuan kualitas panen,  menurut PIC dari LIPI, Mas Ageng. Sedangkan PIC yang menangani Data Logger, Mas. Erick menjelaskan bahwa terdapat beberapa sensor yang akan dipasangkan pada truk dan kemudian disimpan kedalam Data Logger yang berbasis CAN Bus sebagai perangkat Internet of Thing sistem pertanian.

 

Rencana kerjasama ditutup dengan kesepakatan dari kedua belah pihak untuk menyusun MoU antar Fakultas Pasca Sarjana sebagai lembaga yang mengayomi MSI UNIKOM dan Bagian Legal LIPI.

Sumber : http://msi-unikom.blogspot.com

  • Polls

    Apakah konten ini menarik ?

    View Results

    Loading ... Loading ...
  • About Author
    admin

    Leave a Comment

    Name*
    Email*
    Website