Defining Your Tech!

Pusat Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa Pascasarjana (PASMA) sebagai community partner bekerja sama dengan Software Architect Community Indonesia (SARCCOM) pada tanggal 29 Februari 2020 mengadakan meetup pertamanya di Block71 Bandung.

Pada awal acara, Freddy Munandar selaku Co-founder SARCCOM membuka dan memberikan beberapa informasi terkait SARCCOM, diantaranya kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan termasuk dua International conferencedi Jakarta.

Freddy Munandar

Pada meetup perdana ini ada tiga pembicara yang mengisi materi dengan berbagai bidang keilmuan. Pembicara pertama, Sidik Soleman, Lead NLP Engineer dari prosa.ai menjelaskan tentang Machine Learning. Pembicara kedua, Adam Widi, Data Engineer dari WarungPintar membawakan bahasan tentang Data Engineering. Pembicara Terakhir, Yunita Anggraeni yang merupakan Co-founder dan sekaligus COO dari Geekhunter memberikan tips-tips untuk menjadi seseorang yang dicari oleh perusahaan IT.

Sidik Soleman, NLP Engineer
Adam Widi, Data Engineer
Yunita Anggraeni, COO GeekHunter

Selain pembicaraan secara mendalam tiap-tiap bahasan, setiap pembicara mengingatkan bahwa  banyak orang melupakan fundamental yang mereka pelajari pada saat kuliah. Machine Learning berkaitan erat dengan matematika, kalkulus dan percabangannya. Data Engineering berkaitan erat dengan basis data dan struktur data. Hal itu biasanya sudah didapatkan di semester-semester awal perkuliahan.

Acara secara resmi ditutup oleh Geraldi C Pamuji selaku Area Coordinator SARCCOM Chapter Bandung sekaligus Koordinator Kemahasiswaan PASMA. “Kegiatan seperti ini adalah bentuk usaha untuk mengurangi knowledge gap antara akademisi dan industri. Diharapkan untuk mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang kebutuhan industri dan fundamental yang telah didapatkan pada saat kuliah sangat penting untuk dipahami. Tidak hanya mahasiswa, praktisi juga akan mendapatkan pengetahuan tambahan sebagai bentuk referensi, studi banding ataupun sebagai media diskusi sesuai dengan bidang yang ditekuninya.” tutur Geraldi.

Geraldi C Pamuji

Dalam penutupannya, SARCCOM juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini. Kepada para pembicara yang telah memberikan ilmu dan waktunya. Block71 Bandung yang memberikan tempat acara. PASMA, HIMA IF UNIKOM, Lab RPLGDC Tel-U, GeekHunter sebagai community partner. Terakhir, kepada para peserta yang sangat antusias terhadap acara tersebut. Semoga acara ini bisa menjadi langkah awal kerjasama yang berkepanjangan.

About Author
admin