PELUNCURAN WEB MARKET PLACE WARUNG ELEKTRONIK

 

Fakultas Pascasarjana dalam rangka membantu perkembangan UMKM di Kabupaten Bandung, telah meluncurkan web market place yang diberi nama Warung Elektronik (https://warungelek.my.id)

Web ini dicanangkan sebagai program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Fakultas Pascasarjana UNIKOM dalam meningkatkan promosi produk dari UMKM dalam bentuk program satu kabupaten satu market place. Web yang diluncurkan pada awal tahun 2022 ini memberikan kemudahan bagi para UMKM untuk mempromosikan produknya dengan diberikan keleluasaan untuk menambahkan informasi yang diperlukan.

Bahkan menurut penanggung jawab program Dr. Yeffry Handok Putra, MT “Jika ingin mencantumkan nama pemilik UMKM, nomor telepon dan email pun diperbolehkan pada kolom informasi, berbeda dengan market place yang lain”. Dari sisi bagi hasil, para pelaku hanya diminta untuk membayar keanggotaan 20 ribu per tahun, dan 10% dari harga penjualan. Yang hasil dari pendapatan ini akan dikembalikan lagi kepada UMKM dalam bentuk pelatihan promosi, pelatihan kemasan, promosi bersama di social media, youtube, google ads.

Keanggotaan dari warung elektronik ini bahkan diperbolehkan untuk melakukan DTC (Direct to Consumer) tanpa melalui sistem. Para pembeli yang sudah mengetahui informasi dari UMKM dapat langsung bertransaksi dengan UMKM tanpa melalui sistem. Hal ini dimungkinkan karena sifat dari market place warung elektronik yang diluncurkan oleh Fakultas Pascasrjana adalah memiliki misi utama untuk promosi bukan untuk mencari keuntungan semata, jelas Dr. Yeffry Handoko Putra

“Saya sudah mencoba warungelek dari bulan Desember 2021, saya mendapat link etalase dari warungelek untuk dipasang di IG toko saya. Dan produk kue saya bertambah dikenal”
Ibu Vina
Kue ala Hotel
“Kerajinan saya kalau dipromosikan di market place yang sudah terkenal tidak pernah muncul di urutan pertama, tapi di warung elek, alhamdullilah ada di halaman pertama”
Pa Didi
Pengrajin
About Author
admin