WEBINAR PROFESI KERJA : “SOFTSKILL DI LINGKUNGAN KERJA DAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI ERA DIGITAL”

BANDUNG, UNIKOM – Menteri Komunikasi dan TI Johnny Plate menegaskan persaingan pekerjaan ke depan akan semakin ketat. Sejak penerapan teknologi telah memasuki semua aspek kehidupan. Selain Infrastruktur, sumber daya manusia penting untuk terus ditingkatkan sejalan dengan volume yang diharapkan dan jenis pekerjaan baru karena adopsi teknologi, mesin dan algoritma. Untuk itu diperlukan peningkatan digital dan soft skill,” ujarnya. Saat mewakili Presiden Joko Widodo dalam Online Scholarship Competition (OSC) di Studio Grand Metro TV, Jakarta Barat pada Sabtu (22 Januari 2022). Dikutip dari : kominfo.go.id

Seiring berjalanya waktu, dunia kerja telah beradaptasi. Ada dua hal yang harus dimiliki dalam dunia kerja, yaitu: Soft skills, merupakan kemampuan intangible yang dimiliki seorang karyawan. Berkaitan dengan karakteristik atau kecerdasan yang melekat pada individu, misalnya Kecerdasan emosional, atau kemampuan mengendalikan emosi, Keterampilan komunikasi atau komunikasi yang baik, Kemampuan beradaptasi, atau kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan dan keadaan, kemampuan menganalisis atau berpikir kritis dalam suatu situasi dan mampu segera mengambil kesimpulan dan mencari solusi keahlian khusus, atau kemampuan khusus yang dimiliki dalam suatu pekerjaan tertentu sehingga pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif.

Fakultas Pascasarjana dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNIKOM telah menggelar kegiatan Webinar Profesi kerja “Soft Skill di Lingkungan Kerja dan Penilaian Kinerja Karyawan di Era Digital” pada kamis, (15/9/22). Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Akreditasi sekaligus Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNIKOM Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Herman S, MBA.

Webinar tersebut menghadirkan narasumber Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M. Si (Dekan Fakultas Pascasarjana UNIKOM) dengan Topik: Soft Skill di lingkungan kerja, Dr. Yeffry Handoko Putra, M. T. (Ketua Program Studi Magister Sistem Informasi UNIKOM) dengan topik : Penilaian Kinerja Karyawan di Era Digital dan Dr. Henny S. T, M.T (Ketua Program Studi Teknik Industri UNIKOM) dengan topik: Society 5.0 di era Digital.

Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Herman S, MBA. Dalam sambutan sekalilgus membuka acara mengatakan “Saya sangat senang atas terlaksananya kegiatan Webinar ini. Tentu Webinar ini merupakan Kerjasama antara Fakultas Pascasarjana dan FTIK, kegiatan ini juga dapat mengembangkan pengetahuan, pengembangan diri dari segi soft skill, mudah mudahan melalui webinar ini kita bisa mendapatkan masukan dan meningkatkan soft skill kita, dengan narasumber yang ahli pada bidang nya” ungkap Herman

Disamping individu memiliki kemampuan hard skill, ia juga dituntut untuk harus memiliki soft skill. Hal itu karena dalam suatu organisasi dan lingkungan sosial lainya, banyak dijumpai kasus kekerasan yang disebabkan ketidakmampuan individu dalam mengendalikan emosi, pikiran, Tindakan, juga tuntutan organisasi atau lingkungan kerja yang pelik. Maka dari itu kemampuan soft skill dinilai sangat penting karena bisa dikatakan seorang individu itu akan terlihat menonjol dan kompeten dibandingkan dengan yang lainya. (Direktorat Hms & Pro)

About Author
admin